Category 1

Rekomendasikan, Follow, dan Like yah Sobat.

rekomendasikan halaman ini

jangan lupa flow my

Temukan kami di facebook

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget

Gallery

penyakit buah kakao

Minggu, 07 April 2013 | komentar


Ngomongin minimnya perhatian pemerintah sama aja dengan Penyakit Buah Kakao yang menyerang kebun petani kakao saat ini. Jika hanya pohon kakao yang diserang penyakit kita masih bisa berharap kualitas buahnya walaupun hasilnya berkurang tetapi masih berkualitas, tetapi jika mendapat dua serangan penyakit sekaligus yakni pohon kakao dan Penyakit Buah Kakao maka harapan petani kakao hanya dapat digantungkan pada sang maha kuasa.
Penyakit buah kakao

Penyakit Buah Kakao yang meyerang kebun milik orang tua saya mempunyai ciri-ciri :
Tidak pandang bulu karena buah muda dan buah yang sudah tua jika terserang Penyakit Buah Kakao ini maka kulitnya akan muncul bintik-bintik hitam dan dengan cepat kulit buah kakao akan mengering samapai seluruh isi buah kakao pun ikut beku dan kering. Jika dibiarkan saja dan tidak segera dipetik maka buah akan menjadi kering kerontang tanpa ada bobotnya sama sekali.
Buah Kakao yang aman Dari serangan penyakit

Cara-cara teknis dengan penyemprotan menggunakan obat-obatan pertanian telah ditempuh orang tua saya untuk membrantas Penyakit Buah Kakao, tetapi hasilnya sampai sekarang nihil. Sebenarnya setelah diperhatikan dari sekian ribu batang kakao dan bagian-bagian lahan perkebunan ada sedikit perbedaan, dimana pada suatu tempat Penyakit Buah Kakao merata dan merajalela tetapi dibagian lain Penyakit Buah Kakao hanya beberapa saja yang terserang. Setelah diamat-amati, pada pohon kakao yang banyak dihinggapi semut rang-rang dan semut-semut lainnya buahnya relatif normal dan pada batang atau pohon kakao yang terletak didaerah lembab tanpa semut-semut tersebut hapir semua terinfeksi Penyakit Buah Kakao.

Penyakit Pohon Kakao yang menyerang mempunyai ciri-ciri :
Ada dua tipe yang meyerang pohon kakao, pertama disebapkan hama ulat penggerek batang. Ulat tersebut menggerogoti batang sehingga batang yang terinfeksi akan patah jika terkena angin. Kedua disebapkan oleh jamur, ranting dan daun lambat laun menguning dan rontok daunnya kemudian mati.
penyakit buah kakao






cintaabdoel@gmail.com











Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. pertanian - All Rights Reserved
Pemilik Blog Mukti Plaza Published by Mukti Effendi
Proudly powered by Blogger